PRAKTIKUM
MK. PERILAKU KONSUMEN
“Kaitan
Perilaku Konsumen dengan Strategi Pemasaran”
Oleh :
Kelompok Keluarga
Ganda Surya Nugraha Aji
J3J112064, Folora Isabella J3J112070, Yusup Munandar J3J112168, Andari
Latief J3J112257, Afifah Reni F.
J3J112272, Ilham Tristiawan J3J212322
PROGRAM
KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM
DIPLOMA
INSTITUT
PERTANIAN BOGOR
2014
Dosen Praktikum :
Yanti S
Hari / tanggal :
Kamis / 11 September 2014
Praktikum :
2
Ruang :
CA K02
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Konsumen dengan perilakunya merupakan wujud kekuatan tawar yang menjadi
salah satu kekuatan kompetitif yang menentukan intensitas persaingan dan
keuntungan perusahaan. Perusahaan harus mampu memenangkan persaingan
dalam merebut konsumen. Untuk itu perusahaan memerlukan rancangan strategi
pemasaran yang tepat. Sebagai pemasar, perilaku konsumen merupakan pegangan
untuk memahami konsumen, selanjutnya pemahaman ini akan membangun keunggulan
bersaing bagi perusahaan. Persaingan yang ketat antarperusahaan saat ini,
membuat perusahaan harus mampu untuk mengambil langkah yang tepat dalam
pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan agar penerapan strategi pemasaran
tidak salah sasaran, serta mencapai target atau tujuan yang telah ditetapkan.
Strategi pemasaran yang tepat tentunya harus mampu menjangkau konsumen yang
tepat, yang mampu menghasilkan penjualan dan keuntungan yang kontinyu bagi
perusahaan.
Pada bagian ini akan dibahas strategi pemasaran yang ditinjau dalam
hubungannya dengan pemahaman perilaku konsumen.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar
belakang di atas, tujuan penulisan makalah ini adalah :
1.
untuk mengetahui pentingnya mempelajari perilaku konsumen
dari sisi produsen dan konsumen
2.
untuk mengetahui dan mempelajari mengenai strategi pemasaran
3.
untuk mengetahui kaitan antara perilaku konsumen dengan
strategi pemasaran
Manfaat
Penulisan
Berdasarkan tujuan
penulisan di atas, manfaat dari adanya penulisan makalah ini adalah agar
mahasiswa mampu mengidentifikasi pentingnya mempelajari perilaku konsumen baik
dilihat dari sisi produsen maupun konsumen, mengidentifikasi mengenai strategi
pemasaran, serta kaitan antara perilaku konsumen dengan strategi pemasaran.
PEMBAHASAN
1.
Definisi nama
kelompok dan artinya ?
Keluarga yang berarti anggota, adalah lingkungan yang terdapat beberapa
orang yang masih memiliki hubungan darah. Dalam hal ini keluarga dapat mempengaruhi
seluruh anggota keluarga. Diantaranya sikap, sifat, cara bicara, maupun
berperilaku untuk saling berinteraksi. Dalam hal ini keluarga dapat
mempengaruhi keinginan untuk memiliki suatu barang / jasa yang biasa disebut
dengan perilaku konsumen. Karena perubahan di dalam keluarga juga dapat memicu
pengenalan kebutuhan.
2.
Apa
pentingnya mempelajari perilaku konsumen baik dilihat dari sisi produsen maupun
konsumen ! Berikan dengan contoh !
Menurut Schiffman dan Kanuk (1994) mengemukakan bahwa studi perilaku
konsumen adalah suatu studi mengenai bagaimana seorang individu membuat
keputusan untuk mengalokasikan sumberdaya yang tersedia (waktu, uang, usaha,
dan energi).
Dilihat dari sisi produsen, berdasarkan teori Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc
dalam bukunya yang berjudul Perilaku
Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran tahun 2002 menjelaskan
bahwa konsumen yang beragam memiliki kebebasan untuk memilih ratusan macam
produk yang ada di pasar.
Bagaimanakah para produsen mampu membujuk konsumen yang beragam tersebut
untuk membeli produk yang dipasarkannya ? Bagaimanakah para produsen mampu
mengenal konsumen yang ingin dibujuknya ? Mengetahui dimana mereka harus
ditemui, dan menyampaikan pesan yang tepat kepada konsumen sasaran ? Jawabannya
adalah produsen memahami konsumen dan berusaha mempelajari bagaimana mereka
berperilaku, bertindak, dan berpikir. Walaupun para konsumen memiliki berbagai
macam perbedaan, namun mereka juga memiliki banyak persamaan. Kesamaan bahkan
sama bagi konsumen di seluruh dunia. Misalnya semua konsumen membutuhkan
kebutuhan biologi seperti pangan, air, udara, tempat tinggal dan pakaian. Sehingga
pentingnya mempelajari perilaku konsumen bagi produsen untuk memahami keragaman
dan kesamaan konsumen atau perilaku konsumen agar mereka mampu menciptakan
produk dan memasarkan produknya dengan baik. Maka dari itu, produsen harus
memahami bagaimana konsumen mengambil keputusan konsumsi, sehingga produsen
dapat merancang strategi pemasaran dengan baik.
Jika dilihat dari sisi konsumen, maka pentingnya mempelajari perilaku
konsumen adalah agar konsumen dapat memilih produk dengan benar, terhindar dari
penipuan, serta menjadi konsumen yang bijaksana. Dalam hal ini dicontohkan ada
salah satu lembaga sosial yaitu YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia).
Lembaga tersebut bertujuan atau berusaha untuk mendidik konsumen dengan
memberikan informasi yang sebanyak – banyaknya dan sebenar – benarnya mengenai
produk dan jasa. Dengan informasi yang cukup, konsumen dapat
mengidentifikasikan adanya penipuan atau kecurangan dalam transaksi dengan
produsen atau toko. Selain itu, YLKI juga berperan sebagai mediator antara
konsumen dengan perusahaan atau lembaga pemerintah agar konsumen yang merasa
dirugikan oleh produk dan jasa bisa mengadukan keluhannya kpada YLKI dan dapat
diselesaikan dengan baik keluhan tersebut.
3.
Bagaimanakah
kaitan antara pemahaman mengenai perilaku konsumen terhadap penerapan strategi
bauran pemasaran (4P atau 7P). Uraikan dengan kasus sebuah perusahaan yang Anda
ketahui (Penjelasan dapat dilihat dari artikel di media massa, iklan, budaya,
pelanggaran, atau lainnya).
Pada kelompok kami menggambarkan bauran pemasaran pada produk
Mastin yang kami rasa sudah sesuai dengan konsep bauran pemasaran (4P). Yaitu
product, place, price, dan promotion. Berikut uraian keterkaitan 4P dengan
perilaku konsumen.
Product mengacu pada value yang terdapat pada produk tersebut,
bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan konsumen, serta penanganan
kualitasnya. Produk Mastin menggambarkan tentang produk Mastin itu sendiri
dimulai dari khasiat Mastin yaitu membantu memelihara kesehatan kulit dan tubuh
dan kandungan produk Mastin yang berupa ekstrak kulit manggis. Dengan
penjelasan produk tersebut, konsumen mendapatkan informasi tentang deskripsi
produk. Sehingga muncullah perilaku konsumen yang beragam, misalnya konsumen
ada yang merasa tertarik dengan iklan dan produk tersebut sehingga konsumen
memiliki keiniginan untuk membeli dan mengkonsumsi produk. Ada pula konsumen
yang tidak merespon, dan perilaku konsumen yang lain sebagainya.
Price mengacu pada harga produk tersebut agar konsumen rela
mengorbankan uangnya untuk membeli produk tersebut. Hal ini juga mencakup
strategi penentuan harga produk tersebut agar bisa bersaing dengan produk
kompetitor. Untuk produk Mastin ditawarkan harga kisaran mulai dari Rp 20.000,-
sampai dengan Rp 60.000,- tergantung jumlah kapsul yang terdapat pada kemasan
botol. Pada iklan Brand perusahaan tidak terdapat harga yang tercantum,
biasanya iklan online memodifikasi dengan mencantumkan harga. Hal ini dapat
mempengaruhi perilaku konsumen agar tertarik pada produk bahwa dengan harga
terjangkau semua kalangan dapat menikmati khasiatnya.
Place mengacu pada tempat produk tersebut dipasarkan, bagaimana
agar tempatnya bisa dijangkau oleh konsumen. Untuk produk Mastin itu sendiri
mudah didapat seperti di toko – toko obat, toko herbal, di supermarket
terdekat. Dengan hal tersebut memudahkan konsumen memperoleh produk tanpa
mengeluarkan biaya transportasi yang besar.
Promotion, merupakan konsep bauran pemasaran yang terakhir,
mengacu pada cara mempromosikan produk tersebut agar diterima konsumen dan melakukan
pembelian. Promotion ini juga mencakup iklan dan publisitas. Untuk promosi yang
dilakukan, produk Mastin menggunakan berbagai media seperti media cetak, media
elektronik, dan media sosial. Dengan berbagai promosi tersebut, dapat
mempermudah konsumen untuk mengetahui informasi dan dapat mempengaruhi perilaku
konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
Schiffman,
L.G. & Kanuk, L.L. 1994. Customer
Behavior. 5th Ed. New Jersey: Prentice Hall.
Ujang
Sumarwan, Ir, M.Sc., Ph.D. 2002. Perilaku
Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Binmuhsingroup.
http://www.tokopedia.com/binmuhsingroup [diunduh
pada tanggal 5 September 2014 10.42 am]
Prayitno,
Yudanto. http://akommrtviglobalmedia.blogspot.com/2011/10/perilaku-konsumen-dan-strategi.html [diunduh pada tanggal 5 September 2014 02:49 pm]
PT. Industri
Jamu Borobudur. http://www.jamuborobudur.com. [diunduh pada tanggal 5 September
2014 10.42 am]
Sinaga, Dian. http://www.manajemenperusahaan.com/bauran-pemasaran-4p/ [diunduh pada Jumat 5 September 2014 10.42 am]
Gambar 1. Contoh iklan produk mastin yang terdapat pada media
sosial (internet)
Gambar 2. Contoh iklan produk mastin yang terdapat pada media
cetak
eh kakaknya suka anime ternyata :D
ReplyDeletesalam dari MAB 51 :3