“Proses
Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen”
Oleh :
Kelompok
Lingkungan Keluarga
Ganda Surya Nugraha Aji J3J112064, Folora
Isabella J3J112070, Yusup Munandar
J3J112168, Andari Latief J3J112257, Afifah Reni F. J3J112272, Ilham
Tristiawan J3J212322
PROGRAM
KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM
DIPLOMA
INSTITUT
PERTANIAN BOGOR
2014
Dosen Praktikum :
Yanti Nuraeni M,SP,M.Agribuss
Hari / tanggal :
Kamis / 4 Desember 2014
Praktikum :
ke - 12
Ruang :
CA K02
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Setiap konsumen melakukan
berbagai macam keputusan tentang pencarian, pembelian, penggunaan beragam
produk dan merek pada setiap periode tertentu. Berbagai macam keputusan
mengenai aktifitas kehidupan seringkali harus dilakukan oleh setiap konsumen
pada setiap hari. Disiplin perilaku konsumen berusaha mempelajari bagaimana
konsumen mengambil keputusan dan memahami faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi dan yang terlibat dalam pengambilan keputusan tersebut.Schiffman
dan Kanuk (1994) mendefinisikan suatu keputusan sebagai pemilihn suatu tindakan
dari dua atau lebih pilihan alternative. Seorang konsumen yang hendak melakukan
pilihan maka ia harus memiliki pilihan alternative.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang di
atas, tujuan penulisan makalah ini adalah :
-
Untuk mengetahui hasil kuisioner yang telah disebarkan kepada 30
orang responden yang telah ditentukan
-
Untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen mahasiswa Diploma
IPB terhadap produk es krim
Manfaat
Penulisan
Berdasarkan tujuan penulisan
di atas, manfaat dari adanya penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa mampu mengetahui dan mempelajari proses
keputusan pembelian konsumen terhadap produk es krim yang dianalisis melalui
penyebaran kuisioner.
PEMBAHASAN
Daftar Identitas Responden
No.
|
Nama
Responden
|
Usia
|
Jenis
Kelamin
|
Asal
Daerah
|
PK/Angkatan
|
1.
|
Umar Nuis Salom
|
21
|
Laki-Laki
|
Kuningan
|
TEK/49
|
2.
|
Rafly Alif Ulama
|
20
|
Laki-Laki
|
Jakarta
|
KMN/49
|
3.
|
Bima Arya Wicaksono
|
20
|
Laki-Laki
|
Jakarta
|
KMN/49
|
4.
|
Ari Praditya
|
20
|
Laki-Laki
|
Majalengka
|
TEK/49
|
5.
|
Fahmi Y
|
20
|
Laki-Laki
|
Bekasi
|
MNI/49
|
6.
|
Zakaria
|
19
|
Laki-Laki
|
Bogor
|
KMN/49
|
7.
|
Gladis Wharas Tyan
|
19
|
Perempuan
|
Bekasi
|
TEK/49
|
8.
|
Shanissalam WPP
|
20
|
Perempuan
|
Bekasi
|
INF/49
|
9.
|
Rama Chrysta
|
20
|
Perempuan
|
Cibubur
|
TMP/49
|
10.
|
Darell Venick Fredela
|
19
|
Perempuan
|
Bogor
|
PVT/51
|
11.
|
Harlindomas N
|
19
|
Perempuan
|
Kebumen
|
KIM/51
|
12.
|
Ira Puspitasari
|
18
|
Perempuan
|
Sumatera Barat
|
KIM/51
|
13.
|
Elsya Dwi Febianti
|
19
|
Perempuan
|
Bogor
|
MNI/49
|
14.
|
Tika
|
20
|
Perempuan
|
Bogor
|
AKN/49
|
15.
|
Hani Megaranti Putri
|
20
|
Perempuan
|
Bogor
|
EKW/50
|
16.
|
Rahma Maharani
|
19
|
Perempuan
|
Bekasi
|
INF/49
|
17.
|
Shella Cipta Dewi
|
18
|
Perempuan
|
Bekasi
|
MNI/51
|
18.
|
Fauziah Rizky F
|
18
|
Perempuan
|
Balikpapan
|
GZI/51
|
19.
|
Dina Agustin K
|
20
|
Perempuan
|
Surakarta
|
PVT/49
|
20.
|
Indah Dwi Sekar Sari
|
18
|
Perempuan
|
Medan
|
KIM/51
|
21.
|
Anna Nur Afika
|
19
|
Perempuan
|
Bekasi
|
INF/50
|
22.
|
Ulfah Haiatin Insyiyah
|
18
|
Perempuan
|
Bogor
|
KMN/51
|
23.
|
Chairinnisa M
|
17
|
Perempuan
|
Bekasi
|
AKN/51
|
24.
|
Muhtadi Lubis
|
19
|
Laki-Laki
|
Sumatera Utara
|
PKS/50
|
25.
|
Panji Mustika M
|
20
|
Laki-Laki
|
Cimahi
|
TMP/49
|
26.
|
M. Iqbal
|
20
|
Laki-Laki
|
Lampung
|
KIM/49
|
27.
|
Rama Adibtya
|
20
|
Laki-Laki
|
Piringsewu
|
TMP/49
|
28.
|
Abdul Azzis Rabbani
|
18
|
Laki-Laki
|
Bandung
|
AKN/51
|
29.
|
Robin Santoso
|
19
|
Laki-Laki
|
Lampung
|
PKS/50
|
30.
|
Gumilar Adi Sutama
|
20
|
Laki-Laki
|
Sumatera Selatan
|
PVT/49
|
Berdasarkan data diatas, responden diambil dari luar Program
keahlian Manajemen Agribisnis Diploma IPB dengan 3 angkatan . Responden berumur
antara 17-21 tahun. Jumlah Responden secara keseluruhan adalah Jumlah Responden secara keseluruhan adalah 30
orang dengan jumlah 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Asal daerah
responden terdiri dari pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
Tahap-tahap proses keputusan pembelian seorang konsumen dapat
dilihat pada alur bagan dibawah ini :
- Pengenalan Kebutuhan
Pada proses pengenalan
kebutuhan, seorang konsumen sebelumnya mencari apa yang ia butuhkan dan
inginkan. Pengenalan kebutuhan dapat muncul melalui beberapa faktor yang
mendukung. Faktor tersebut dapat muncul dari dalam diri seorang konsumen
(internal) dan atau dari luar diri seorang konsumen (eksternal). Berdasarkan
hasil kuisioner terhadap produk es krim, pengenalan kebutuhan seorang konsumen
terhadap produk es krim disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Untuk
menjawab faktor internal dapat terlihat dari pertannyaan kuisioner no. 1, no.
2, no. 5 dan no. 6, sedangkan untuk faktor eksternal dapat terlihat dari
pertannyaan no. 3 dan no. 4.
Hasil jawaban kuisioner dari
30 orang responden menjawab bahwa dalam pengenalan kebutuhan, awalnya responden
pernah mengkonsumsi es krim disaat menginginkan saja disaat siang hari. Selain
itu koresponden jarang mengkonsumsi es krim, berdasarkan hasil kuisioner, mereka mengkonsumsi es krim
1-5 kali dalam 1 bulan. Mereka lebih memilih mengkonsumsi es krim rasa cokelat
dan atau campuran.
- Pencarian Informasi
Pada proses pencarian
informasi, seorang konsumen berusaha untuk mencari informasi terhadap suatu
produk yang mereka inginkan. Dalam pencarian informasi terdiri dari 2 sumber
yaitu, internal dan eksternal. Informasi yang berasal dari dalam diri konsumen
(internal) yaitu dari pengetahuan konsumen, konsumen akan mendapatkan beberapa
produk dan merk yang sangat dikenalnya namun konsumen akan juga mengingat
beberapa produk atau merk tetapi tidak dikenalnya secara baik. sedangkan
informasi yang bersal dari eksternal yaitu berasal dari lingkuangan luar
konsumen sepeerti informasi dari keluarga, teman, tenaga penjual, dan iklan
produk.
Berdasarkan hasil kuesioner
terhadap produk es krim mengacu pada pertanyaan nomer 10 sampai 13 bahwa
seorang konsumen mengetahui produk es krim dengan merk magnum dan pernah
membeli es krim tersebut. Dalam pencarian informasi, sebelumnya konsumen
dipengaruhi oleh orang lain. Responden mendapatkan informasi dari iklan yaitu
media cetak dan elektronik, informasi tersebut mudah dingat oleh responden. di
informasi yang diinginkan responden adalah informasi terhadap varian rasa
produk, selain itu dalam pencarian informasi tersebut responden tidak membutuhkan
waktu yang lama yaitu hanya 1 hari atau dengan cepat.
- Evaluasi Alternatif
Kriteria evaluasi adalah
atribut atau karakteristik dari produk dan jasa yang digunakan untuk
mengevaluasi dan menilai alternatif pilihan. kriteria evaluasi pada produk es
krim yang mengacu pada pertanyaan kuesioner yaitu harga, varian rasa, kemasan,
kandungan atau manfaat.
Berdasarkan hasil kuisioner,
atribut yang menjadi pertimbangan responden sebelum mengkonsumsi es krim magnum
adalah varian rasa es krim yang banyak. Varain rasa magnum terdiri dari Magnum
Golden Hazelnut, Magnum Almond, Magnum Chocolate Strawberry, Magnum Choco
Truffle, Magnum Coklat Brownies, Magnum Gold, Magnum Choco Cappucino, dan Magnum
Infinity. Selain itu atribut bagi responden saat proses evaluasi alternative
adalah rasa yang enak dan varian rasa yang banyak. Alternatif produk es krim
selain merek magnum seperti es krim buah merek Buavita atau es krim Concerto
taaupun Connetto merek Wall’s. Responden biasa membeli produk es krim merek
magnum di minimarket seperti Alfamart, Indomaret, atau Alfamidi. Jika pada
tempat tersebut tidak terdapat produk yang diingkinkan oleh responden maka
mereka akan membeli produk es krim merek lain dengan pertimbangan atribut
varian rasa yang disukai oleh konsumen.
- Proses Pembelian
Setelah konsumen melalui tahap sebelumnya, proses selanjutnya
yaitu proses pembelian terhadap produk yang dibutuhkan dan diinginkan
sebelumnya. Pada produk es krim merek magnum, varian rasa yang banyak dipilih
oleh responden adalah Magnum golden hazelnut, Magnum Almond, dan Magnum Gold.
Berdasarkan hasil kuisioner, responden telah merencanakan pembelian produk
sebelumnya melalui proses yang sudah dijabarkan diatas. Dalam proses pembelian
produk es krim magnum, responden membayarnya dengan uang tunai atau uang pas.
- Evaluasi Setelah Pembelian
Tahap proses pengambilan
keputusan pembelian konsumen yang terakhir adalah evaluasi setelah pembelian.
Pada tahap ini konsumen akan melakukan proses evaluasi terhadap konsumsi yang
telah dilakukannya. Hasil dari proses evaluasi pasca konsumsi adalah konsumen
puas atau tidak puas terhadap konsumsi produk atau merek yang telah
dilakukannya. Kepuasan akan mendorong konsumen membeli dan mengkonsumsi ulang
produk tersebut. Sebaliknya perasaan yang tidak puas akan menyebabkan konsumen
kecewa dan menyebabkan konsumen menghentikan pembelian kembali dan konsumsi
produk tersebut.
Berdasarkan
hasil kuisioner, 90% responden merasa puas terhadap produk es krim dengan merek
magnum. Jika ada konsumen yang tidak merasa puas terhadap produk es krim merek
magnum, maka konsumen akan membeli es krim dengan merek lain. Selama responden
mengkonsumsi produk es krim magnum, responden merasa puas, dan jika terdapat
produk es krim magnum dengan varian rasa baru maka konsumen akan tergantung dengan
situasi untuk membelinya.
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa responden yang menjadi konsumen
terhadap produk es krim dengan merek magnum merasa puas terhadap produk yang
telah dikonsumsinya.
Saran
Saran
yang dapat diberikan untuk produsen suatu produk agar dapat melakukan analisis
terhadap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen untuk mengetahui
tahap-tahap konsumen dalam mengkonsumsi produknya. Hasil yang didapatkan dari
analasis proses tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi produsen terhadap
produk yang telah dikonsumsi oleh konsumen.
Lampiran
Isi Kuisioner Untuk
Tugas Mata Kuliah Perilaku Konsumen
I. IDENTITAS RESPONDEN
Nama :
………………………………
Usia :
…… tahun
Jenis kelamin :
Laki – Laki / Perempuan (coret yang tidak
perlu)
Asal daerah :
Status Pekerjaan :
Mahasiswa Diploma IPB
PK/Angkatan :
………………………………
Uang saku/bln : a.
<Rp 500.000
b. Rp 500.000 s.d. <Rp 1.000.000
c. Rp 1.000.000 s.d. <Rp 1.500.000 d. Rp 1.500.000 s.d. <Rp 2.000.000
e. ≥Rp 2.000.000
Petunjuk Pengisian Kuesioner
: Beri tAnda silang (X) pada jawaban yang Anda pilih!
II. PROSES DAN PERILAKU KEPUTUSAN PEMBELIAN
Pengenalan Kebutuhan
1. Apakah
Anda pernah mengkonsumsi es krim ?
a.
Pernah b.
Tidak Pernah
2.
Menurut Anda, seberapa pentingkah Anda mengkonsumsi es krim ?
a.
Sangat penting c.
Biasa saja
b.
Penting d.
Tidak penting
3.
Pada saat apa Anda ingin mengkonsumsi es krim ?
a.
Saat santai b.
Saat cuaca panas c.
Saat menginginkan saja
4.
Menurut Anda, kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi es krim
?
a.
Pagi hari b.
Siang hari c.
Malam hari
5.
Seberapa sering Anda membeli atau mengkonsumsi es krim ?
a.
Sangat sering ( 16 – 30 kali dalam satu bulan)
b.
Sering ( 6 – 15 kali dalam satu bulan)
c.
Jarang ( 1- 5 kali dalam satu bulan)
6.
Jenis es krim apa yang Anda sukai ?
a.
Es krim rasa buah b.
Es krim rasa cokelat dan atau campuran
Pencarian Informasi
7.
Apakah Anda mengetahui produk es krim Magnum ?
a.
Ya b.
Tidak
8.
Apakah Anda pernah membeli produk es krim Magnum ?
a.
Ya b.
Belum Pernah
9.
Apa yang membuat Anda tertarik untuk membeli es krim Magnum ?
a.
Kebutuhan akan es krim Magnum
b.
Mendapat pengaruh orang lain
c.
Gaya hidup atau mengikuti trend
10.
Darimana Anda mendapatkan informasi mengenai produk es krim
Magnum ?
a.
Iklan (media elektronik/cetak) c.
Teman
b.
Keluarga d.
Internet/media social
11. Mengacu
pada No.10, apakah informasi tersebut mudah diingat oleh Anda ?
a.
Ya b.
Tidak
12. Apa
informasi yang paling Anda inginkan dari sumber tersebut ?
a.
Harga c.
Lokasi penjualan produk
b.
Varian rasa d.
Kandungan/manfaat
13.
Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencari informasi
tersebut ?
- 1 hari (singkat) b. 2 hari – 1 bulan (lama) c. > 1 bulan (sangat lama)
Evaluasi
Alternatif
14.
Apa yang menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli es krim Magnum ?
a.
Varian rasa c.
Kemasan
b.
Harga d.
Kandungan/manfaat
15.
Apa yang membuat Anda memilih untuk membeli es krim Magnum
daripada es krim lainnya?
a.
Harga yang murah c.
Rasa yang enak dan varian rasa banyak
b.
Kemasan yang menarik d.
Manfaat yang diberikan produk
16.
Dimana Anda biasa membeli produk es krim Magnum ?
a.
Supermarket b.
Minimarket c.
Warung
17.
Mengacu pada No.16, Jika di tempat tersebut tidak tersedia es
krim Magnum, bagaimana sikap Anda ?
a.
Membeli es krim merek lain b.
Membeli di tempat lain c.
Tidak jadi membeli
Proses Pembelian
18.
Es krim Magnum dengan varian rasa apa yang paling sering Anda
beli atau konsumsi ?
a.
Magnum Golden Hazelnut e.
Magnum Almond
b.
Magnum Chocolate Strawberry f. Magnum Choco Truffle
c.
Magnum Coklat Brownies g.
Magnum Gold
d.
Magnum Choco Cappucino h.
Magnum Infinity
19.
Siapa yang paling mempengaruhi Anda pada saat membeli produk es
krim Magnum ?
a.
Teman
b.
Keluarga
c.
Penjual produk
d.
Model iklan
20.
Dalam pembelian es krim Magnum, apakah Anda sudah merencanakan
sebelumnya ?
a.
Ya (direncanakan) b.
Tidak (secara spontan)
21.
Bagaimana cara Anda membayar produk es krim Magnum pada saat
pembelian ?
a.
Membayar dengan uang tunai dan atau uang pas
b.
Membelinya bersamaan dengan produk lain
c.
Menggunakan kartu kredit
Evaluasi Setelah Pembelian
22.
Pada saat pembelian es krim Magnum, apakah produk yang tersedia
biasanya sesuai dengan harapan Anda ?
a.
Ya b.Tidak,
karena…………………………………….
23.
Jika produk yang tersedia tidak sesuai dengan harapan Anda
sebelumnya, apa yang akan Anda lakukan ?
a.
Membeli es krim dengan merek lain
b.
Membeli di tempat lain
c.
Tidak jadi membeli
24.
Menurut Anda, selama Anda membeli atau mengkonsumsi es krim
Magnum apakah Anda merasa puas ?
a.
Ya
b.
Tidak, karena……………………………………………………………………………….
25. Apabila es krim Magnum mengeluarkan varian rasa baru, apakah
Anda tertarik untuk membelinya ?
a.
Ya
b.
Tergantung situasi
c.
Tidak, karena………………………………………………………………………………..
0 comments on "Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen"
Post a Comment