Sunday, December 28, 2014

Faktor Sikap Terhadap Perilaku Konsumen

Posted by Unknown at 7:38 PM
“Faktor Sikap Terhadap Perilaku Konsumen”
Oleh :
Kelompok Lingkungan Keluarga
Ganda Surya Nugraha Aji J3J112064, Folora Isabella J3J112070, Yusup Munandar
J3J112168, Andari Latief  J3J112257, Afifah Reni F. J3J112272, Ilham Tristiawan J3J212322


PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM DIPLOMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2014
Dosen Praktikum              : Yanti Nuraeni M,SP,M.Agribuss
Hari / tanggal                    : Kamis / 9 Oktober 2014
Praktikum                           : ke - 6
Ruang                                   : CA K02
  
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Perilaku seorang konsumen dipengaruhi oleh sikap yang ada di masing-masing individu konsumen. Sehingga dengan adanya perbedaan maupun kesamaan dalam sikap konsumen terhadap suatu produk mempengaruhi implementasi seorang produsen dalam menciptakan produk untuk ditawarkan kepada konsumen.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan penulisan makalah ini adalah :
-          Untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk minuman dan makanan
-          Untuk mempelajari faktor sikap yang mempengaruhi perilaku konsumen


Manfaat Penulisan
Berdasarkan tujuan penulisan di atas, manfaat dari adanya penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa mampu mengetahui dan mempelajari faktor sikap yang mempengaruhi perilaku konsumen.

PEMBAHASAN

  1. Deskripsikan kekuatan dan kelemahan masing-masing produk untuk setiap merek sebagaimana dirasakan oleh konsumen
Berdasarkan hasil rekapan penilaian sikap konsumen terhadap produk makanan dan minuman, kekuatan dan kelemahan dari masing-masing produk dapat terlihat pada tabel berikut :

Produk
Kekuatan
Kelemahan
Lays
Memiliki kemasan yang lebih menarik konsumen mahasiswa, selain itu produk ini memiliki kelebihan dalam volume atau ukuran isi kripik kentang yang diharapkan oleh konsumen, dan harga yang murah sesuai dengan kemampuan daya beli mahasiswa.

Atribut kerenyahan, tekstur, rasa kentang, warna keripik, dan rasa barbaeque yang masih kurang. Hal tersebut terlihat dari nilai yang diberikan konsumen terhadap produk lays belum dapat menyaingi produk chitato tehadap atribut yang tersebut diatas.
Chitato
Memiliki kerenyahan, tekstur, rasa kentang, warna keripik, dan rasa barbeque yang lebih enak bagi konsumen mahasiswa.



Harga produk ini belum menyesuaikan dengan keinginan konsumen mahasiswa yang menginginkan harga yang murah. Selain itu kemasan yang sedikit kurang menarik konsumen.
Vita Charm
Memiliki kemasan yang menarik konsumen, hal tersebut dapat terlihat pada produk terdapat gambar yang menarik dan jelas.
Hasil nilai untuk masing-masing atribut belum dapat mendekati nilai performansi ideal yaitu harapan konsumen terhadap produk ini. Selain itu rasa yoghurt  yang masih kurang terasa
Yakult
Hasil nilai untuk masing-masing atribut sudah dapat mendekati nilai performansi ideal yaitu sudah memenuhi harapan konsumen terhadap produk ini.
Memiliki kemasan yang sederhana





  1. Jika anda sebagai produsen salah satu produk makanan dan minuman, sebutkan bagaimana implikasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan melihat hasil sikap terhadap produk tersebut

Sebagai produsen produk keripik kentang Lays, implikasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan mempertahankan kelebihan ataupun kekuatan yang dilimiki berdasarkan hasil nilai sikap konsumen. Namun untuk kekurangan ataupun kelemahan yang dimiliki oleh produk berdasarkan hasil nilai sikap konsumen perlu adanya sedikit perbaikan untuk dapat mencapai keinginan dan harapan konsumen terhadap produk Lays.
PENUTUP

Kesimpulan
                Untuk mengetahui nilai produk di kalangan konsumen dapat terlihat dengan menyebarkan kuisioner yang berisi kolom nilai terhadap atribut-atribut yang berpengaruh. Dengan hasil penilaian konsumen terhadap produk, dapat menjadi informasi maupun evaluasi bagi produsen untuk mengetahui bagaimana nilai produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.
Saran
                Sebaiknya setiap pelaku produsen melakukan survey konsumen terhadap penilaian produk yang ditawarkan, dengan hasil penilaian tersebut produsen dapat mendapatkan informasi dan evaluasi dari sikap konsumen.

0 comments on "Faktor Sikap Terhadap Perilaku Konsumen"

Post a Comment

Sunday, December 28, 2014

Faktor Sikap Terhadap Perilaku Konsumen

“Faktor Sikap Terhadap Perilaku Konsumen”
Oleh :
Kelompok Lingkungan Keluarga
Ganda Surya Nugraha Aji J3J112064, Folora Isabella J3J112070, Yusup Munandar
J3J112168, Andari Latief  J3J112257, Afifah Reni F. J3J112272, Ilham Tristiawan J3J212322


PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM DIPLOMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2014
Dosen Praktikum              : Yanti Nuraeni M,SP,M.Agribuss
Hari / tanggal                    : Kamis / 9 Oktober 2014
Praktikum                           : ke - 6
Ruang                                   : CA K02
  
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Perilaku seorang konsumen dipengaruhi oleh sikap yang ada di masing-masing individu konsumen. Sehingga dengan adanya perbedaan maupun kesamaan dalam sikap konsumen terhadap suatu produk mempengaruhi implementasi seorang produsen dalam menciptakan produk untuk ditawarkan kepada konsumen.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan penulisan makalah ini adalah :
-          Untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk minuman dan makanan
-          Untuk mempelajari faktor sikap yang mempengaruhi perilaku konsumen


Manfaat Penulisan
Berdasarkan tujuan penulisan di atas, manfaat dari adanya penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa mampu mengetahui dan mempelajari faktor sikap yang mempengaruhi perilaku konsumen.

PEMBAHASAN

  1. Deskripsikan kekuatan dan kelemahan masing-masing produk untuk setiap merek sebagaimana dirasakan oleh konsumen
Berdasarkan hasil rekapan penilaian sikap konsumen terhadap produk makanan dan minuman, kekuatan dan kelemahan dari masing-masing produk dapat terlihat pada tabel berikut :

Produk
Kekuatan
Kelemahan
Lays
Memiliki kemasan yang lebih menarik konsumen mahasiswa, selain itu produk ini memiliki kelebihan dalam volume atau ukuran isi kripik kentang yang diharapkan oleh konsumen, dan harga yang murah sesuai dengan kemampuan daya beli mahasiswa.

Atribut kerenyahan, tekstur, rasa kentang, warna keripik, dan rasa barbaeque yang masih kurang. Hal tersebut terlihat dari nilai yang diberikan konsumen terhadap produk lays belum dapat menyaingi produk chitato tehadap atribut yang tersebut diatas.
Chitato
Memiliki kerenyahan, tekstur, rasa kentang, warna keripik, dan rasa barbeque yang lebih enak bagi konsumen mahasiswa.



Harga produk ini belum menyesuaikan dengan keinginan konsumen mahasiswa yang menginginkan harga yang murah. Selain itu kemasan yang sedikit kurang menarik konsumen.
Vita Charm
Memiliki kemasan yang menarik konsumen, hal tersebut dapat terlihat pada produk terdapat gambar yang menarik dan jelas.
Hasil nilai untuk masing-masing atribut belum dapat mendekati nilai performansi ideal yaitu harapan konsumen terhadap produk ini. Selain itu rasa yoghurt  yang masih kurang terasa
Yakult
Hasil nilai untuk masing-masing atribut sudah dapat mendekati nilai performansi ideal yaitu sudah memenuhi harapan konsumen terhadap produk ini.
Memiliki kemasan yang sederhana





  1. Jika anda sebagai produsen salah satu produk makanan dan minuman, sebutkan bagaimana implikasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan melihat hasil sikap terhadap produk tersebut

Sebagai produsen produk keripik kentang Lays, implikasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan mempertahankan kelebihan ataupun kekuatan yang dilimiki berdasarkan hasil nilai sikap konsumen. Namun untuk kekurangan ataupun kelemahan yang dimiliki oleh produk berdasarkan hasil nilai sikap konsumen perlu adanya sedikit perbaikan untuk dapat mencapai keinginan dan harapan konsumen terhadap produk Lays.
PENUTUP

Kesimpulan
                Untuk mengetahui nilai produk di kalangan konsumen dapat terlihat dengan menyebarkan kuisioner yang berisi kolom nilai terhadap atribut-atribut yang berpengaruh. Dengan hasil penilaian konsumen terhadap produk, dapat menjadi informasi maupun evaluasi bagi produsen untuk mengetahui bagaimana nilai produk yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.
Saran
                Sebaiknya setiap pelaku produsen melakukan survey konsumen terhadap penilaian produk yang ditawarkan, dengan hasil penilaian tersebut produsen dapat mendapatkan informasi dan evaluasi dari sikap konsumen.

No comments:

Post a Comment

 

♪my kawaii (◕‿◕✿) Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez