“Faktor
Sikap Terhadap Perilaku Konsumen”
Oleh :
Kelompok
Lingkungan Keluarga
Ganda Surya Nugraha Aji J3J112064, Folora
Isabella J3J112070, Yusup Munandar
J3J112168, Andari Latief J3J112257, Afifah Reni F. J3J112272, Ilham
Tristiawan J3J212322
PROGRAM
KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
PROGRAM
DIPLOMA
INSTITUT
PERTANIAN BOGOR
2014
Dosen Praktikum :
Yanti Nuraeni M,SP,M.Agribuss
Hari / tanggal :
Kamis / 9 Oktober 2014
Praktikum :
ke - 6
Ruang :
CA K02
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Perilaku konsumen
adalah proses
dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian
produk
dan jasa
demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan. Perilaku konsumen
merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
Untuk barang berharga
jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan pertimbangan yang matang.
Perilaku seorang konsumen dipengaruhi oleh sikap yang ada di masing-masing
individu konsumen. Sehingga dengan adanya perbedaan maupun kesamaan dalam sikap
konsumen terhadap suatu produk mempengaruhi implementasi seorang produsen dalam
menciptakan produk untuk ditawarkan kepada konsumen.
Tujuan Penulisan
Berdasarkan latar belakang di
atas, tujuan penulisan makalah ini adalah :
-
Untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk minuman dan
makanan
-
Untuk mempelajari faktor sikap yang mempengaruhi perilaku
konsumen
Manfaat
Penulisan
Berdasarkan tujuan penulisan
di atas, manfaat dari adanya penulisan makalah ini adalah agar mahasiswa mampu mengetahui dan mempelajari faktor sikap yang
mempengaruhi perilaku konsumen.
PEMBAHASAN
- Deskripsikan kekuatan dan kelemahan masing-masing produk untuk setiap merek sebagaimana dirasakan oleh konsumen
Berdasarkan
hasil rekapan penilaian sikap konsumen terhadap produk makanan dan minuman,
kekuatan dan kelemahan dari masing-masing produk dapat terlihat pada tabel
berikut :
Produk
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
Lays
|
Memiliki kemasan yang lebih menarik konsumen mahasiswa, selain
itu produk ini memiliki kelebihan dalam volume atau ukuran isi kripik kentang
yang diharapkan oleh konsumen, dan harga yang murah sesuai dengan kemampuan
daya beli mahasiswa.
|
Atribut kerenyahan, tekstur, rasa kentang, warna keripik, dan
rasa barbaeque yang masih kurang. Hal tersebut terlihat dari nilai yang
diberikan konsumen terhadap produk lays belum dapat menyaingi produk chitato
tehadap atribut yang tersebut diatas.
|
Chitato
|
Memiliki kerenyahan, tekstur, rasa kentang, warna keripik, dan
rasa barbeque yang lebih enak bagi konsumen mahasiswa.
|
Harga produk ini belum menyesuaikan dengan keinginan konsumen
mahasiswa yang menginginkan harga yang murah. Selain itu kemasan yang sedikit
kurang menarik konsumen.
|
Vita Charm
|
Memiliki kemasan yang menarik konsumen, hal tersebut dapat
terlihat pada produk terdapat gambar yang menarik dan jelas.
|
Hasil nilai untuk masing-masing atribut belum dapat mendekati
nilai performansi ideal yaitu harapan konsumen terhadap produk ini. Selain
itu rasa yoghurt yang masih kurang
terasa
|
Yakult
|
Hasil nilai untuk masing-masing atribut sudah dapat mendekati
nilai performansi ideal yaitu sudah memenuhi harapan konsumen terhadap produk
ini.
|
Memiliki kemasan yang sederhana
|
- Jika anda sebagai produsen salah satu produk makanan dan minuman, sebutkan bagaimana implikasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan dengan melihat hasil sikap terhadap produk tersebut
Sebagai produsen produk
keripik kentang Lays, implikasi strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah
dengan mempertahankan kelebihan ataupun kekuatan yang dilimiki berdasarkan
hasil nilai sikap konsumen. Namun untuk kekurangan ataupun kelemahan yang
dimiliki oleh produk berdasarkan hasil nilai sikap konsumen perlu adanya
sedikit perbaikan untuk dapat mencapai keinginan dan harapan konsumen terhadap
produk Lays.
PENUTUP
Kesimpulan
Untuk
mengetahui nilai produk di kalangan konsumen dapat terlihat dengan menyebarkan
kuisioner yang berisi kolom nilai terhadap atribut-atribut yang berpengaruh.
Dengan hasil penilaian konsumen terhadap produk, dapat menjadi informasi maupun
evaluasi bagi produsen untuk mengetahui bagaimana nilai produk yang ditawarkan
oleh produsen kepada konsumen.
Saran
Sebaiknya setiap
pelaku produsen melakukan survey konsumen terhadap penilaian produk yang
ditawarkan, dengan hasil penilaian tersebut produsen dapat mendapatkan
informasi dan evaluasi dari sikap konsumen.
0 comments on "Faktor Sikap Terhadap Perilaku Konsumen"
Post a Comment