0(^o^)0 definisi dan pengertian
-ekonomi mikro terapan
-bertujuan memberikan kerangka kerja untuk menganalisis keputusan-keputusan manajerial
-prinsip-prinsip ekonomi manajerial pengambilan keputusan oleh manajer yang berkaitan dengan pengalokasian sumberdaya-sumberdaya yang langka secara efisien
0(^o^)0 ruang lingkup
teori ekonomi
ilmu manajemen
metode kuantitatif
0(^o^)0pengambilan keputusan
-tugas utama manajer : membuat keputusan yang mampu meningkatkan performansi organisasi (bisnis)
-mengambil keputusan agar tujuan organisasi (perusahaan,bisnis) tercapai
-perusahaan adalah organisasi yang dijalankan untuk merubah input menjadi output yang berupa barang dan jasa yang dapat diperjualbelikan.
-tujuan perusahaan :
1. mencapai laba maksimum
2. bertahan sekedar hidup
3. menguasai pasar
4. mempertahankan kualitas
5. menguasai politis
0(^o^)0sistem industri modern
Tahap I : riset pasar untuk mengetahui keinginan pasar atau konsumen
Tahap II : desain produk yang sesuai dengan keinginan konsumen
Tahap III : proses produksi secara efektif dan efisien sesuai dengan desain produk
Tahap IV : pemasaran produk dengan purna jual yang baik
0(^o^)0manajemen bisnis total dalam sistem industri modern
manajemen bisnis total menintegrasikan :
1. manajemen produktivitas total
2. manajemen kualitas total
3. manajemen sumberdaya total
4. manajemen teknologi total
5. manajemen biaya total
melalui pengembangan sumberdaya manusia yang handal untuk memperoleh hasil optimal yang berorientasi pada kepuasan konsumen
0(^o^)0total quality manajemen (TQM)
-TQM adalah perkembangan industri modern, yaitu agar industri dapat memproduksi barang yang bermutu, sehingga pelanggan menjadi puas
-TQM adalah proses yang menekankan pada peningkatan sesuatu secara terus-menerus didasarkan kepada dedikasi (SDM) untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan biaya yang rendah
-titik berat TQM adalah mutu produk (barang,jasa)
- mutu adalah jasa atau produk yang menguasai atau melebihi harapan pelanggannya
0(^o^)0DEMAND ANALYSIS
-demand (permintaan) adalah kuantitas barang atau jasa yang rela atau mampu dibeli oleh konsumen selama periode waktu tertentu berdasarkan kondisi-kondisi tertentu.
-model matematis konsep permintaan barang atau jasa
Qdx= F (Px, I, Pr, Pe, Ie, Pae, T, N, A, F, O)
Dimana :
Qdx = kuantitas permintaan barang atau jasa
F = fungsi, berarti fungsi dari atau tergantung pada
Px = harga dari barang atau jasa x
I = pendapatan konsumen
Pr = harga dari barang kain yang bersangkutan
Pe = ekspektasi konsumen terhadap harga dari barang/jasa x di masa mendatang
Ie = ekspektasi konsumen terhadap tingkat pendapatan di masa mendatang
Pae = ekspektasi konsumen terhadap ketersediaan barang /jasa di masa yang akan mendatang
T = selera konsumen
N = banyaknya konsumen potensial
A = pengeluaran iklan
F = features atau atribut dari barang / jasa tersebut
O = faktor-faktor spesifik lain dari permintaan barang atau jasa tersebut
A = pengeluaran iklan
F = features atau atribut dari barang / jasa tersebut
O = faktor-faktor spesifik lain dari permintaan barang atau jasa tersebut
0 comments on "EKONOMI MANAJERIAL ^ ^"
Post a Comment